Thursday, October 8, 2015

#inktober

http://mrjakeparker.com/inktober
Viral yang dilakukan Jake Parker singgah juga di blog ini.
Awalnya saya tidak ngeh dengan tagar #inktober dibawah beraneka gambar yang rata-rata hitamputih, dibuat dengan pena, kuas dengan tinta, atau spidol.
Lalu seorang kawan menjelaskan saat kami ngobrol di mikrobloging twitter. Bahwa si Jake Parkerlah yang memviral orang untuk terlibat menggambar secara rutin setiap hari selama sebulan, di bulan oktober, dalam event #inktober.

#01 Cakil gaya Solo
Oke deh, sehubungan saya juga sedang belajar menggambar wayang kulit, tidak ada salahnya proses belajar ini saya bagi di blog atau mikroblogging.

Diawali dengan menggambar cakil gaya solo,
kemudian Ramaparasu (saya tidak tahu gaya mana), lalu gambar Bagong gaya Solo, dan yang keempat kembali menggambar Cakil dalam gaya Jogjakarta.

#02Rama Parasu


Yah, wayang di masing-maisng daerah memiliki gaya visual yang beda. Itu menariknya.
 Gaya yang sedang saya cermati dan pelajari saat ini untuk wayang purwa adalah gaya Solo, Jogja dan Banyumasan.

Saya menyesal, saat kuliah dulu menyepelekan anak-anak kriya yang menyuntuki wayang.
#03 Bagong

Setelah sekarang mencermati dan menggambar wayang, baru muncul kesadaran bahwa wayang itu adalah sosok yang modis penuh gaya dan citarasa. Dari ujung rambut sampai kaki semua bergaya.
Juga pernah-pernik aksesoris yang dipakai selalu melambangkan sikap si wayang itu. Sosok Raksasa misalnya, akan menggunakan aksesoris sesuai dengan karakternya,
#04 Cakil gaya Jogja
 Juga kesatria, baju yang dipakai merupakan perlambang sikapnya. Yang lebih dahsyat lagi adalah detail dalam masing-masing aksesoris.
Gaya timur yang simbolis dengan visual cenderung flat/ datar bergaya dekoratif dengan stilasi yang rumit dan indah muncul di setiap busana para wayang.
Itu menarik dan menantang bagi saya untuk bisa mempelajari lebih lanjut.
Kecintaan terhadap wayang muncul pelahan dan lesat saat saya menikmati menarik garis membuat figur wayang dan mengisi pernak-perniknya.




Lalu event #inktober menjadi media saya memajang apa yang sedang saya kerjakan. Belajar menggambar wayang :D

No comments:

Post a Comment